Mari Jaga Budaya “Logat Ngapak”

Budaya Indonesia memang menawarkan keberagaman yang luar biasa, mulai dari suku, bahasa, nyayian, baju adat, rumah adat dll. Hidup di Indonesia memang sewajarnya menggunakan bahasa Indonesia untuk mempermudah komunikasi tapi negara kepulauan ini mempunyai sisi lain yang unik yaitu setiap daerah mempunyai bahasa masing-masing dengan ciri khas yang berbeda.

Salah satu bahasanya yang akan kita soroti yaitu bahasa ngapak, apa itu ngapak? Ngapak adalah bahasa atau logat yang biasanya digunakan oleh orang-orang Jawa tengah lebih tepatnya daerah Tegal, Banyumasan, Cilacap, Kebumen, Purwokerto, Pemalang dan jajarannya yang masih terkontaminasi logat ngapak. Bahasa /logat ini sangat khas dan unik jika kalian pernah mendengarnya, pada dasarnya bahasa ngapak adalah bahasa Jawa namun sedikit lebih unik, jika bahasa jawa huruf “a” dibaca “o” berbeda dengan logat ngapak yang tetap “a”, mungkin kalian pernah dengar secara langsung ketika orang ngapak berbicara mungkin teman, pacar, gebetan atau saudara.

Bahasa yang satu ini wajib hukumnya untuk dilestarikan , jangan malu jika memang berbicaranya berlogat ngapak, walaupun berusaha keras menggunakan bahasa Indonesia bahkan bahasa Inggris tapi sisi ngapak itu akan selalu muncul dan mengiringi kehidupan kita dimanapun kita berada. Jadi buat orang-orang ngapak berbanggalah karena kita merupakan salah satu generasi yang masih melestarikan budaya, menjaga identitas bangsa dengan apa yang kita miliki.  “Enyong Ora isin Ngomong Ngapak- Ora ngapak ora kepenak”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *